Sabtu, 01 Oktober 2011

Cara Mengetahui Kode/CSS Template Blog Orang Lain

Berbagi Info dan Tips Blogging, Artikel Komputer dan Internet

Cara Mengetahui Kode/CSS Template Blog Orang Lain

Bookmark and Share


Cara Mengetahui Kode/CSS Template Blog Orang Lain  - Baru saja saya blogwalking dan tadi membaca sebuah artikel yang berjudul “Cara Mencuri Template Blog Orang Lain” yang memberi inspirasi buat saya untuk menuliskan artikel ini. Artikel ini pun hampir saja saya beri judul Cara Mengintip/Melihat Isi Blog Orang Lain namun batal karena akhirnya saya memilih judul seperti yang ada ini karena menurut saya lebih sopan dan supaya tidak mengundang interpretasi (tafsiran) yang macam-macam. Tulisan ini juga bukan dimaksudkan untuk mengajarkan sobat-sobat cara mencuri kode/isi template blog orang lain, namun lebih saya tujukan sebagai  upaya pembelajaran bagi kita bersama, misalnya untuk mengetahui bagaimana sih struktur cara penulisan kode HTML/CSS yang benar, atau bagaimana cara menempatkan tag/perintah tertentu pada template sehingga akhirnya kita bisa melakukan editing atau koreksi pada template blog kita sendiri. Saya sendiri sering melakukan kebiasaan “mengintip” seperti ini sejak awal saya ngeblog. Mulai dari mengintip backlink orang lain, mengintip template orang lain, mengintip widget orang lain bahkan sampai mengintip artikel yang paling sering dibaca di blog orang lain. Yang penting kebiasaan mengintip ini harus bisa kita proyeksikan menjadi sebuah motivasi positif untuk bisa berbuat lebih baik dari orang lain, itulah prinsip yang harus dipegang seorang blogger. Kalau kita mencuri mengambil mengcopy kode atau isi template orang lain apalagi secara full tanpa ada permisi dengan si empunya, berarti kita tidak menghargai jerih payah atau hasil karya orang lain. Apalagi kalo si pembuat template ternyata adalah anak bangsa kita sendiri tentunya kasian sekali bukan kalau kita perlakukan seperti itu? So kalo mau template bagus yang premium ya beli dong..he he.
OK sobat, mohon maaf kalo prolognya kepanjangan karena terlalu bersemangat he..he,  langsung saja kita ke topik cara mengetahui/melihat kode html/css template blog orain lain seperti judulnya diatas. Ada 2 cara yang bisa sobat lakukan untuk melihat isi template sebuah halaman blog :
1.      Cara Pertama, yaitu secara langsung dengan menekan Ctrl + U atau klik kanan pada halaman blog yang ingin sobat lihat isi “dalamannya”, kemudian pilih View Page Source. Maka akan terbuka sebuah window baru seperti gambar dibawah ini dimana sobat bisa melihat isi template termasuk kode HTML/CSS yang ada dalam template. Sobat juga bisa mengetahui meta tag apa saja yang ada di blog orang lain tersebut atau seperti apa dia menuliskan meta tag deskripsi dan meta tag keyword untuk blognya dan lain-lain.

Klik disini untuk melihat gambar..

2.     Cara Kedua, yaitu dengan menggunakan Addons dari Firefox yang bernama Firebug. Sobat harus menginstall addons firebug for firefox ini sebelum mulai menggunakannya. Saya menginstall addons Firebug Version 1.7.2 untuk browser Firefox 3.6.22 yang saya pakai sekarang. Silahkan menuju link ini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/firebug/versions/  untuk memilih versi Firebug yang sesuai dengan browser Firefox sobat. Jika sudah terinstall maka dipojok kanan bawah browser Firefox anda akan terlihat icon Firebug. Cara menggunakannya mudah saja, buka halaman blog yang ingin sobat “intip” kemudian langsung klik icon Firebug di pojok kanan bawah browser anda. Maka akan terbuka sebuah window di bagian bawah browser. Window ini displit menjadi 2 di bagian tengah tapi bisa digeser-geser dengan mouse. Disini anda bisa melihat struktur isi template blog yang ditampilkan seperti menu pada komputer. Klik simbol plus (+) pada bagian <head> atau <body> untuk untuk melihat kode apa saja yang tersembunyi. Jika ingin melihat kode CSSnya, anda tinggal mengklik menu CSS pada toolbar. Bahkan dengan addons Firebug ini sobat juga bisa menganalisa Page Speed atau kecepatan loading blog melalui menu Page Speed, addons yang keren memang. Saya tidak bisa menuliskan secara detil bagaimana cara menggunakan Firebug ini karena tulisannya akan jadi suangaat panjang sekali. Jadi silahkan dicoba-coba sendiri aja sobat, karena saya pun belajarnya secara otodidak alias nyoba-nyoba sendiri.

Klik disini untuk melihat gambar..

Dari sedikit penjelasan yang sudah saya berikan tentang cara mengetahui kode HTML/CSS pada template blog orang lain tadi, pastinya akan banyak sekali yang bisa dipelajari. Artikel ini mungkin merupakan artikel terpanjang ke-2 yang pernah saya tulis setelah artikel panjang pertama saya tentang Optimasi SEO Apa Mengapa dan Bagaimana yang saya tulis beberapa bulan yang lalu. Semoga tulisan saya kali ini bisa berguna dan bermanfaat buat sobat blogger yang lain, tak lupa saya ucapkan terima kasih untuk anda yang sudah membaca artikel ini. Salam Blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

alert("Selamat datang di blog saya…!") var yourName = prompt("Nama saya fadil muhammad, Siapa nama anda ?…", ""); alert("Selamat Datang "+yourName+", Senang Berkenalan dengan anda");