Sabtu, 01 Oktober 2011

Kesalahan Umum Blogger Pemula (Newbie)

Berbagi Info dan Tips Blogging, Artikel Komputer dan Internet

Kesalahan Umum Blogger Pemula (Newbie)

Bookmark and Share


Kesalahan Umum Blogger Pemula (Newbie)  - Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi saya waktu masih jadi blogger pemula alias newbie dan ditambah juga dari beberapa referensi yang pernah saya baca serta hasil perjalanan blogwalking yang sering saya lakukan. Seorang blogger pemula biasanya melakukan beberapa kesalahan-kesalahan umum sejak awal sang blogger membuat sebuah blog. Apa saja kesalahan-kesalahan yang sering terjadi atau dilakukan blogger pemula ?
1.       Tidak memiliki tema yang jelas.
Saat awal membuat blog seharusnya sudah terpikirkan oleh kita sebagai blogger pemula, topik apa saja kira-kira yang akan kita tulis menjadi postingan blog. Pilihlah 2 atau 3 topik utama saja sehingga anda lebih mudah fokus saat ingin menulis sebuah artikel dan nantinya blog anda akan memiliki pelanggan tetap karena anda memiliki “dagangan” yang pasti. Dan tema tadi adalah "merk dagang" anda.
2.      Terlalu berambisi untuk memiliki sebuah blog yang bagus dan banyak pengunjung.
Dalam pikiran seorang newbie, memiliki blog yang bagus dengan tampilan mewah, banyak gambar animasi dan full widget pasti akan mendatangkan banyak pengunjung. Padahal anggapan tersebut SANGAT SALAH kalau menurut saya. Karena blog yang terlalu banyak “memajang” gambar-gambar bagus dengan efek animasi hanya akan memberatkan loading blog saja dan blog anda pun menjadi lelet. Dan ketahuilah bahwa search engine SANGAT tidak menyukai blog yang loadingnya berat dan lelet. Akibatnya adalah artikel anda akan sangat lama atau mungkin tidak pernah terindeks oleh search engine. Sebaiknya pola pikir ini kita rubah menjadi seperti ini :
  • Kalau kita menginginkan banyak pengunjung, darimana pengunjung tersebut datang ?
  • Kalau pengunjung tersebut datang dari hasil pencarian kata kunci di Search Engine (Google), berarti artikel kita harus bisa terindeks di Search Engine agar bisa ditemukan orang lain.
  • Pemikiran-pemikiran seperti ini terus berkembang sampai akhirnya anda akan sampai pada sebuah kesimpulan “Saya harus mulai mempelajari tentang Search Engine Optimization (SEO)”, karena menurut saya inilah ilmu dasar yang harus dipelajari seorang blogger pemula.
  •  Ingatlah bahwa konten yang berkualitas adalah “raja”. Pengunjung tidak akan datang 2 kali untuk mengunjungi blog anda yang full colour dan “heboh” jika artikel yang anda tampilkan tidak bermutu.
3.       Pemilihan template yang salah.
Terus terang saya sangat perhatian dengan hal yang satu ini. Saking perhatiannya, saya pernah menuliskan email untuk seorang newbie asal Aceh hanya sekedar untuk meminta dia segera mengganti template blog yang saat itu digunakannya. Menurut saya si newbie tadi salah memilih template karena tidak sesuai dengan tema blognya. Jadi jangan asal milih template hanya dengan alasan template tersebut bagus saja, tapi template tersebut juga harus sesuai dengan tema blog yang kita bawakan. Misalnya kalau topik konten blog kita adalah seputar info atau gossip selebritis, berarti kita harus memilih template dengan tema berita (news) atau magazine (majalah).
4.       Blogger newbie mimpi dapat duit banyak.
Pernahkah anda menemui blog yang di penuhi iklan ? Pemandangan yang sering sekali saya temukan saat blogwalking. Percuma saja kita memenuhi halaman blog kita dengan iklan adsense, iklan banner de-el-el kalau toh pada kenyataannya tidak ada satu orang pun yang mengklik iklan tersebut karena blog kita sendiri sepi pengunjung hi hi. Bahkan saya pernah menjumpai blog newbie dengan alexa rank 23 jutaan yang full iklan, wow kereeen. Jadi jangan terburu-buru melakukan monetize blog. Lakukanlah segala sesuatunya step by step, tahap demi tahap. Capailah tujuan yang menjadi skala prioritas lebih dulu seperti bagaimana caranya mendatangkan pengunjung yang banyak. Barulah setelah tujuan pertama tercapai kita memikirkan bagaimana caranya mendapatkan penghasilan atau duit dari ngeblog dan seterusnya.
5.       Kecenderungan newbie untuk menjadi seorang plagiator.
Saya pernah mendapati beberapa newbie mengcopy secara utuh artikel yang pernah saya tulis. Dalam pikirannya mungkin kalau dia memuat artikel serupa di blognya, maka pengunjung juga akan datang untuk membaca artikel yang “dibajak” tadi. Sayang si newbie tadi tidak paham bahwa apa yang dia lakukannya itu salah dan ternyata nama blognya pun tidak muncul dalam hasil pencarian Google untuk artikel dengan kata kunci yang sama. Saran saya, jadilah karakter diri anda sendiri. Tulislah artikel dengan gaya “penyajian” anda sendiri. Sehingga nantinya kita menjadi orang yang memiliki gaya menulis yang khas serta “menu” yang khas pula.
Untuk sementara ini mungkin 5 kesalahan umum blogger pemula inilah yang dapat saya simpulkan paling sering dilakukan oleh para newbie. Saya pun bukan seorang blogger yang sempurna dan juga tak luput dari melakukan kesalahan. So, marilah kita bersama belajar menjadi seorang blogger yang baik sehingga apa yang kita berikan untuk orang lain, nantinya dapat dirasakan manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

alert("Selamat datang di blog saya…!") var yourName = prompt("Nama saya fadil muhammad, Siapa nama anda ?…", ""); alert("Selamat Datang "+yourName+", Senang Berkenalan dengan anda");